Kamis, 28 November 2013

Mengendalikan Presentasi Dengan HP atau Tablet

Assalamu 'alaikum Wr.Wb ...

Sobat GPAI, bagaimana kabar jenengan semuanya hari ini ? masih direpotkan oleh kurikulum 2013 ? semangat sobat, jangan menyerah ... suatu saat kita pasti menguasainya dan mampu mempraktekkannya.
Pada kesempatan ini KKG PAI Tambaksari akan berbagi ilmu tentang mengajar menggunakan media audio visual terutama power point.
Saya yakin bapak / ibu sekalian sering menggunakan power point. Namun pernahkan bapak / ibu melihat orang yang sedang presentasi bisa merubah slide tanpa menyentuh komputernya ? wow magic ... keren ! mungkin jawaban itu yang keluar dari bibir kita jika kita tidak tahu alat dan caranya. Bagi yang sudah tahu, pasti bergumam : kapan ya saya bisa membeli alatnya?
Sekedar  referensi, alat untuk mengendalikan power point dari jarak jauh biasanya disebut "wireless presenter". Dipasaran sudah beredar berbagai macam dan jenis wireless presenter, mulai yang memiliki fitur sederhana sampai fitur sangat canggih, mulai yang murah sampai mahal. 

Bagi yang punya anggaran lebih, tinggal cari dan beli alatnya di THR, namun bagi yang tidak punya anggaran lebih jangan berkecil hati dulu ... segala sesuatu pasti ada jalan keluarnya. Salah satu alternatifnya kita bisa menggunakan HP / Smartphone yang berbasis (OS) android yang sekarang sedang merajai pasar HP di negara kita. 
Emang bisa ? jangan - jangan penipuan nih .... hehehehe ....Eits, jangan suudzon dulu dong, ini nyata lo ... dan sudah saya praktekkan sendiri selama beberapa bulan terakhir. Keren sob ... 
Caranya bagaimana? mari kita ikuti langkah-langkahnya :

Cara Instalasi :

  1. Harus punya HP / Smartphone / Phablet / Tablet android. Kalau ga punya ? pinjam punya anakknya atau pinjam punya tetangga ... 
  2. Download Wifi Mouse servernya  disini, Lalu instal di komputer.
  3. Download Wifi Mouse Pro (untuk HP_ukuran kecil) disini, atau Wifi Mouse HD (untuk Phablet atau tablet_ukuran 5 inch sampai 10 inch) disini, lalu instal di HP / Smartphone / Phablet / Tablet android.
          Keterangan :
  • Jika ingin mengunjungi website asli dari pengembang Wifi Mouse silahkan klik wifimouse.necta.us
  • Bagi yang download Wifi Mouse Pro atau Wifi Mouse HD (point nomer 3) melalui PC / Laptop, pindahkan file installer yang didownload ke HP / Smartphone / Phablet / Tablet android melalui card reader atau kabel data.
Cara Penggunaan :
  1. Hidupkan wifi tanthering pada gadget (HP) yang terinstal wifimouse
  2. Koneksikan laptop yang terinstal wifi mouse server dengan jaringan wifi gadget pada point 1.
  3. Jalankan aplikasi wifi mouse server pada laptop
  4. Jalankan aplikasi wifi mouse pada gadget, kemudian kemudian klik "Auto Connect".
  5. Power point bahkan laptop anda sudah siap untuk dikendalikan melalui gadget kesayangan anda.
Nb. Mohon maaf, untuk tutorial lengkap insya Allah akan menyusul lain waktu

Semoga bermanfaat, Semoga bermanfaat !

Ditulis oleh : Sugeng Setiyo Budi, S.Th.I






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar disini !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...